Penjualan mobil Daihatsu – Sektor otomotif di Indonesia selama ini selalu mengalami kenaikan tren penjualan dari tahun ke tahun. Namun, pandemi COVID-19 telah berdampak negatif pada sektor ini, mengakibatkan penurunan signifikan dalam jumlah mobil yang terjual. Industri otomotif diharapkan dapat pulih pada tahun 2022.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bertujuan untuk mempertahankan pangsa pasar nomor dua di Indonesia untuk tahun penjualan kalender 2022. Untuk mencapai target tersebut, Daihatsu secara konsisten akan merilis mobil terjangkau, disertai dengan paket kredit yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia.
Penjualan Mobil Daihatsu Naik April 2022
Pada kuartal I 2022, penjualan Daihatsu positif dengan pencapaian target perusahaan. Perusahaan yakin akan terus tumbuh di masa mendatang berkat jajaran produk dan basis pelanggan yang kuat. Hal ini langsung dapat dibuktikan dengan penjualan retail Daihatsu yang meningkat menjadi 46.946 unit per 1 Mei. Itu meningkat 55% dibandingkan kuartal I 2021 yang sebanyak 30.310 unit.
Ketergantungan yang tinggi pada penjualan Daihatsu Sigra pada kuartal pertama membuat Daihatsu mampu menjual 11.856 unit, atau menyumbang 25% dari total penjualan Daihatsu selama periode tersebut. Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) mampu bertengger di peringkat ke dua dengan menghasilkan penjualan sebanyak 10.453 unit (22%). Xenia mampu menyusul pada peringkat ke tiga dengan penjualan mencapai 6.215 unit (13%). Dari penambahan tipe unit di produk Daihatsu seperti Rocky dan xenia yang berubah model terbaru namun belum bisa menggeser Daihatsu sigra di puncak klasemen penjualan.
Daihatsu mengalami peningkatan penjualan yang signifikan untuk kuartal pertama tahun 2022 dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2021. Tiga model penjualan teratas untuk Daihatsu mengalami peningkatan yang signifikan dengan model Xenia yang mengalami peningkatan 175%, atau lebih dari 2,5 kali menjadi 6.215 unit dari sebelumnya 2.260 unit. Model Sigra mengalami peningkatan 71% menjadi 11.856 unit dan model Ayla mengalami peningkatan 42% menjadi 5.355 unit.
Penjualan mobil Daihatsu mendekati level normal sebelum pandemi COVID-19. Secara merek, Daihatsu mencatatkan penjualan ritel pada kuartal I 2022 di posisi kedua penjualan otomotif nasional, sekitar 46 ribu unit.